Business

banner image

Technology

banner image

Kabel Straight Through dan Cross Over

 

trisnania.blogspot.com – Dalam belajar jaringan salah satu yang harus kita pelajari adalah mengetahui jenis kabel jaringan. Salah satu jenis kabel tersebut adalah Twisted pair model UTP (Unshielded Twisted Pair). Dalam pemasangan kabel UTP terdapat dua jenis pemasangan kabel yang sering digunakan dalam jaringan internet, yaitu kabel straight through dan kabel cross over.

Kabel straight through merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda  dengan konfigurasi yang sama, contohnya yaitu penghubung antara komputer dan switch, switch ke router, dan lain sebagainya. Untuk urutan kabel straight susunan pada kedua ujungnya sama, yaitu menggunakan stardarisasi  TIA/EIA T568B.

Kabel cross over merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat yang sama dengan konfigurasi yang berbeda, contohnya yaitu penghubung antara komputer dan komputer, hub dan hub,dan lain sebagainya. Untuk urutan kabel crossover susunan pada kedua ujungnya beda, yaitu menggunakan stardarisasi  TIA/EIA T568A dan TIA/EIA T568B.

 


Standarisasi TIA/EIA T568A dan TIA/EIA T568B


TIA/EIA T568A

1.   Putih hijau

2.   Hijau

3.   Putih orange

4.   Biru

5.   Putih biru

6.   Orange

7.   Putih coklat

8.   Coklat

 

TIA/EIA T568A

1.   Putih orange

2.   Orange

3.   Putih hijau

4.   Biru

5.   Putih biru

6.   Hijau

7.   Putih coklat

8.   Coklat

 

Terimakasih  telah membaca, semoga bermanfaat.

Kabel Straight Through dan Cross Over Kabel Straight Through dan Cross Over Reviewed by AniaTrisna on Jumat, November 06, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gallery

Diberdayakan oleh Blogger.