Business

banner image

Technology

banner image

PELUANG USAHA DARI BISNIS RAJUT

PELUANG USAHA DARI BISNIS RAJUT

 

PONOROGO – Keterampilan merajut kini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dengan kemampuan dan kreativitas, kegiatan tersebut bisa menghasilkan berbagai barang dan bernilai jual.

Seperti kisah seorang perempuan asal Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Ia adalah seorang mahasiswi yang awalnya juga seorang pekerja (karyawan). Sulitnya membagi waktu antara kuliah, rumah dan bekerja diluar adalah hal yang melatarbelakangi Diajeng Putri untuk membangun usahanya.

“Dikarenakan harus mengurus adik saya yang masih kecil dengan ikhlas saya melepaskan pekerjaan saya terdahulu, dan fokus mengurus adik dan keluarga saya di rumah. Sambil dirumah saya mencoba coba ilmu yang pernah saya dapat waktu kecil. Lalu ketemulah rajutan, yang mantap untuk saya jadikan ladang bisnis,” kata Diajeng Putri saat wawancara, Rabu (25/11/20).

Ia memulai bisnis rajut ini sejak lulus dari bangku SMK, namun waktu itu hanya sekedar sampingan saja karena waktu itu ia sudah bekerja sebagai karyawan. Dan setelah keluar dari pekerjaan ia mulai fokus ke rajutan akhir tahun 2019.

Awalya Diajeng hanya membuat bros saja, dan  karena banyak yang suka ia pun mulai membuat barang lain. Sejauh ini ia sudah menghasilkan berbagai macam barang, yakni tas rajut, dompet rajut, bros rajut, bunga rajut, gantungan kunci rajut, casing hp rajut, konektor masker rajut dan amigurumi. Proses membuat satu produk tergantung motif dan ukurannya. Biasanya untuk dompet dan tas 7-10 hari, untuk amigurumi 7 hari, sedangkan untuk gantungan kunci dan bros 1-2 hari.

Pada awalnya masih seputar teman dan kenalannya saja yang membeli produknya, namun saat ini konsumen sudah datang dari berbagai daerah. Ia memasarkan produknya melalui media sosial whatsapp, facebook dan instagram. Selain itu ia juga berjualan  di marketplace Shopee. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp. 4.500 hingga ratusan ribu rupiah.

Diajeng sendiri memilih bisnis rajut ini karena bisa dikerjakan dirumah, bisa dikerjakan kapanpun dan tanpa ikatan jam kerja. Ia melihat usaha rajut ini belum terlalu banyak di lingkungannya. Ditambah lagi ia sudah ada sedikit bekal skil rajut dari neneknya. Maka dari itu ia memilih usaha rajut ini untuk menyambung karirnya.

Diajeng mengakui bahwa motivasinya menekuni bisnis ini yang pertama untuk menyambung karir. Kedua, untuk lebih bisa dekat dengan keluaga. Ketiga, ingin sekali menebar kebermanfaatan dengan mengajak ibu-ibu rumah tangga agar lebih produktif.

Dari bisnis ini Diajeng bisa membantu perekonomian keluarganya sekaligus bisa membiayai kuliahnya sendiri. Dan saat ini ia juga masih berjuang untuk mengembangkan bisnisnya, baginya kesuksesan itu berasal dari usaha kita sendiri.

“Mari belajar berkembang melalui bab apaun. Dari pekerjaan apapun, dan latar belakang apapun. Mari menciptakan sukses dengan tangan kita dengan usaha kita sendiri,” ungkap Diajeng Putri di akhir wawancara, Rabu (25/11/20).

 

 

PELUANG USAHA DARI BISNIS RAJUT PELUANG USAHA DARI BISNIS RAJUT Reviewed by AniaTrisna on Selasa, Desember 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gallery

Diberdayakan oleh Blogger.